Saturday, 12 May 2012

Membuat Form yang tidak dapat di Pindahkan/Drag pada Delphi

alhamdulillaaahhh...... ahirnya bisa posting lagi, udah lama gak posting krn sibuk kulyah....
bagi yang pengen lanjut blajar delphi, ayuuuuukkk.....
kebetulan ane udah siapin contoh programnya,.... program ini banyak ane dapet dari buku2 pemrograman yang ada di perpus.

Ok,,... langsung ke pembahasannya.....

pada kali ini, saya akan bagikan contoh program delphi yaitu membuat program yang formnya tidak dapat di drag/ di pindahkan : untuk source codenya, lengkapnya sepeti ini :


unit Unit1;

interface

uses
  Windows, Messages, SysUtils, Variants, Classes, Graphics, Controls, Forms,
  Dialogs, StdCtrls;

type
  TForm1 = class(TForm)
  private
    { Private declarations }
  //deklarasi procedure WMWindowPosChangung()
  procedure WMWindowPosChanging(var Message:TWMWindowPosChanging); message WM_WINDOWPOSCHANGING;
  public
    { Public declarations }
  end;

var
  Form1: TForm1;

implementation

{$R *.dfm}

procedure TForm1.WMWindowPosChanging(var Message:TWMWindowPosChanging);
begin
  with Message.WindowPos^do
  flags:=flags OR SWP_NOMOVE;
end;
end.


kalo udah liat source codenya, pasti temen2 udah pada ngerti cara gunainnya....

mungkin itu saja, karena masih banyak contoh program yg mesti saya program malem ini....
jangan lupa komentarnya.... terimakasih.....

0 comments:

UbaidRahman