Software dan Instalasi Python

treeeeng reeeeenggg....
selamat malam... :-D

sebelum membuat aplikasi menggunakan python, kita harus install terlebih dahulu program / software - software yang dibutuhkan.

ada beberapa software yang dibutuhkan yang harus temen-temen install untuk menggunakan Python.

Software yang dibutuhkan untuk membangun sebuah aplikasi desktop di Windows dengan database MySQL adalah:

1. IDLE Python Interpreter.
Ini adalah software dasar yang mendasari piranti untuk membangun sebuah aplikasi. Versi yang biasa saya gunakan adalah 2.5. Software ini berfungsi menterjemahkan file berekstensi  .py agar bisa dieksekusi oleh komputer.

2. WxPython
Software ini sebagai library GUI. Versi yang digunakan adalah 2.8 yang compatible dengan IDLE Python 2.5. WxPython tidak bisa berjalan tanpa IDLE Python Interpreter.
yang biasa saya gunakan wxPython2.8-win32-ansi-2.8.10.1-py25.
download disini.

3. Boa Constructor 
Boa Constructor adalah  salah satu  IDE (Integrated Development Environment) atau lingkungan pemrograman terintegrasi untuk membangun aplikasi berbasis GUI dengan library wxPython.  Sebenarnya, tanpa menggunakan Boa Constructor, kita bisa membangun aplikasi GUI cukup dengan IDLE  Python Interpreter dan wxPython saja, namun kita akan kesulitan mengetikkan secara manual seluruh kode obyek 
dan desain Frame secara baik. Dengan Boa Constructor, kita tinggal mendesain, meletakkan dan menyesuaikan obyek yang sesuai, mengatur Inspector (properties)nya, dan menekan tombol Post, 
selanjutnya, Boa Constructor akan menghasilkan kode-kode secara otomatis dalam bentuk file berekstensi  .py. Praktis, mendesain Frame secara drag and drop.
download disini.

4. MySQL Server.
Lebih praktis jika kita menginstal database MySQL Server yang sudah dikemas jadi satu dengan PHP dan Apache dalam XAMPP.  Kita bisa melakukan administrasi database: menciptakan database, membuat tabel dan strukturnya, melakukan query langsung ke database, dan semisalnya dengan phpmyadmin. 

5. Connector Python ke MySQL
Instalasi software ini akan menghasilkan modul MySQLdb.  Versi yang digunakan harus kompatibel dengan versi IDLE Python Interpreternya.
yang biasa saya gunakan MySQL-python-1.2.2.win32-py2.5.
download disini.

selamat mencoba...!!!
:-D
Share this article :
+
Previous
Next Post »