Perdana Python

Bismillahirrahmanirrahim....
Dengan menyebut asma Allah SWT saya akan mulai ngeblog lagi setelah sekian lama tidak pernah posting sesuatu di blog. dan untuk perdana ini saya ingin membahas sedikit tentang bahasa Pemrograman Python.
dan insya Allah kedepannya akan lebih banyak membahas tentang bahasa Python.

Python adalah salah satu bahasa pemrograman Open Source  yang ringkas, sederhana, dan bisa digunakan di beberapa Sistem Operasi. Python gratis, bisa diunduh siapa saja dengan berbagai versi yang ada. Ia bisa diunduh di www.python.org.

Pemrograman desktop adalah pemrograman yang paling umum digunakan. Pemrograman ini bisa diterapkan pada PC (Personal Computer)  maupun laptop/ netbook. Berbagai bentuk pemrograman desktop yang populer di antaranya : Sistem Informasi Penjualan (Kasir), Sistem Informasi Perhotelan, Sistem Informasi Perpustakaan, dan semisalnya.

Dulu, pemrograman desktop yang mudah dan praktis adalah dengan Visual Basic 6 (VB6). Saat ini dukungan terhadap VB6 sudah dihentikan oleh perusahaan pembuatnya, Microsoft.  VB6 tidaklah gratis.  Selain itu, VB6 juga hanya bisa diterapkan pada Sistem Operasi Windows saja. 

Hal tersebut berbeda dengan Python. Python bisa dijalankan atau didesain di lingkungan Windows maupun Linux. 

Python sebenarnya bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Ia bisa digunakan untuk pemrograman Console (tampilan berbasis teks), GUI/ Desktop, mobile (pemrograman  di HP), ataupun pemrograman Web. yang akan sering saya bahas nantinya adalah Python berbasis GUI/Desktop. hal ini juga di karenakan masih sedikit / belum banyak yg membahas, dan terutama lagi ini di bahas di kampus saya tercinta. Sekolah Tinggi Teknologi Nurul Jadid. :-D Promosi.

Sekedar itulah pembukaan Perdana dari saya untuk membahas Python ke depannya, mohon bantuan, kritik, dan sarannya.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Perdana Python"